Kombinasi Duet Birokrat- Politisi Dinilai Tepat Pimpin Kabupaten Sukabumi

Sukabumi, Trustmediaid.com – Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak di Jawa Barat di antaranya akan dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat akan berlangsung tahun 2020. Beberapa tokoh di kabupaten ini sudah mulai diperbincangkan untuk maju dalam pertarungan politik lima tahun sekali tersebut. Lantas, sosok seperti apa yang pantas memimpin di Kabupaten Sukabumi ini ?

Pengamat Politik dan sekaligus penggagas Gerakan Sukabumi Memanggil Putra Terbaik 2020, Ned Nizar menilai, “opsi duet kepemimpinan politisi-birokrat cukup ideal untuk menjadi bupati-wakil bupati Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, politisi-birokrat dinilai sebagai kombinasi yang tepat antara politisi yang memiliki dukungan mesin partai dengan birokrat yang memahami seluk beluk pemerintah dan cenderung lebih dikenal masyarakat. Salah satu opsi perkawinan itu bisa tergambar di figur Adjo Sarjono dan Yusuf Maulana. Birokrat gaek dengan politisi nomor satu di DPD PKS Kabupaten Sukabimi. Kedua figur ini sangat kuat masuk radar Sukabumi Memanggil Putra terbaik 2020”

“Jika ingin memenangkan pertarungan, sebaiknya kalau ada politisi yang ingin maju jangan mencari pasangan yang masih dalam koridor internal partai atau koridor eksternal partai. Sebaiknya politisi melirik kelompok birokrasi yang memiliki kinerja dan latar belakang lapangan yang populer dan akseptabilitasnya bagus,” ujar Kang Ned kepada Grup Trustmedia Indonesia, Rabu (15/5/19).

Ada beberapa alasan mengapa birokrat dinilai tepat mendampingi politisi di Kabupaten Sukabumi. Salah satunya adalah latar belakang sosok birokrat memiliki kemampuan memahami aspirasi masyarakat tentang kemajuan dan pelaksanaan pembangunan.

“Birokrat adalah orang yang langsung terjun dalam pelaksanaan pembangunan, jadi dia yang tau bagaimana persepsi masyarakat. Demikian pula dari calon yang berlatar belakang pengusaha, maupun birokrasi sendiri yang perlu menggandeng orang partai,” paparnya.

Selain menyoroti pentingnya kombinasi yang tepat untuk memimpin Kabupaten Sukabumi, Ned Nizar yang merupakan Peneliti dan Direktur Eksekutif  pada Lembaga Kajian Politik dan Pembangunan Bela Negara juga menyoroti pentingnya kinerja mesin partai baik oleh kader maupun tim sukses. Ia mengingatkan, banyak calon kepala daerah yang gagal karena tim suksesnya tidak solid dalam bekerja memenangkan kandidat.

“Selain itu, basis kewilayahan dengan melihat aspek komposisi demografi masyarakat juga menjadi salah satu faktor penentu kemenangan, termasuk kerja-kerja mesin partai oleh kader dan tim sukses,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, ada beberapa nama yang disebut bakal maju dalam pertarungan kursi F-1. Untuk nama-nama putra terbaik Sukabumi 2020 tersebut Kang Ned menyampaikan, “ada saatnya nanti saya sampaikan dalam waktu dan tempat yang pas.” Ujar Ned sambil berlalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com