Figur Yang Digadang-gadang Akan Maju Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020

Sukabumi, Trustmediaid.com – Perhelatan pesta demokrasi yang akan digelar pada 2020 mendatang menjadi ajang spekulasi bagi para politisi yang akan menghelat pemilihan kepala daerah (Pilkada). Salah satunya adalah pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Sukabumi.

Pascapemilu 2019, sejumlah nama dan figur kini sedang digadang-gadang akan maju sebagi kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi. Yang paling anyar terdengar nama-nama yang sudah tidak asing lagi. Sebut saja Ketua Pembina Yayasan Al-Wasilah Lilalamin, Ketua Yayasan Yasin, Mantan Kepala Desa Loji 13 tahun mulai tahun 2000 – 2013 dan mantan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Tahun 2014-2019, H. M.U. Sobandie, S.Ag,. MM.

Ketua Gerakan Sukabumi Memanggil Putra Terbaik 2020, Edy Nizarudin  mengatakan, “Kabupaten Sukabumi yang merupakan Kabupaten terluas kedua setelah Banyuwangi di Jawa dan Bali dengan potensi SDM dan SDA yang melimpah dengan mayoritas penduduk muslim. Ini merupakan salah satu potensi dan modal pembangunan dan demokrasi untuk Jawa Barat. Sehingga membutuhkan figur-figur alternatif baru dan dengan paradigma pembangunan dan gagasan serta ide yang lebih baik untuk kemjauan Kabupaten Sukabumi ke depan.” Terangnya.

Akhir-akhir ini kata Ned Nizar, “ada beberapa figur yang kini mulai digadang-gadang, seperti Wabup yang sedang menjabat Adjo Sarjono, Iyos Somantri (Sekda aktif), Yusuf Maulana (Ketua DPC-PKS), Yuda Sukmagara (Ketua DPC Gerindra), mantan Ketua Komisi X DPR RI  DR. Reni Marlinawati, tidak ketinggalan adalah Bupati petahana H. Marwan Hamami. Nama tersebut yang kerap kali
diperbincangkan akan menjadi kandidat Bupati dan wakil Bupati di kontestasi Pilkada 2020 mendatang.  Telah ramai di perbincangkan di masyarakat, aktivis maupun di media sosial. Kemunculan figur baru memang bagus, akan tetapi kebanyakan figur ini adalah wajah lama dan cenderung memiliki kompetensi dan kapabilitas yang memadai untuk kriteria menjabat pimpinan daerah.”

‘’Kondisi kabupaten Sukabumi sebagai kabupaten terluas kedua di Jawa dan Bali dengan memiliki kelimpahan SDM dan SDA,  saya  pikir tidak akan menghadapi krisis figur. Banyak figur yang memiliki kapasitas dan pengalaman baik dari kalangan politisi, birokrasi, penggiat sosial, pendidikan, keagamaan dan pengusaha. Juga banyak anak-anak muda yang layak diberikan kesempatan untuk memimpin Kabupaten Sukabumi 5 tahun ke depan,’’ kata Ned Nizar di Cisaat, Selasa (14/5/19).

Ned Nizar yang juga Sekjen Asosiasi warung  tradisional Indonesia Sukabumi ini menyebutkan. “beberapa tokoh yang layak untuk dipertimbangkan maju di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020 mendatang di antaranya; Heru Herlambang dari politisi Partai Golkar, Yusuf Ridwan dari politisi Partai Persatuan Pembangunan, Yana Suryana, Budi Zaboer (pengusaha)  dan Iman Adinugraha dari politisi PAN.

Ada juga anak muda yang memiliki pengalaman yang matang di organisasi dan tokoh pemekaran dari selatan sekaligus sering nimbrung di dunia politik seperti Bayu Risnandar dan banyak lagi tokoh-tokoh lain yang menjadi alternatif selain figur dan tokoh yang saat ini sedang mengudara,’’ ujarnya.

Ned Nizar menjelaskan, Kabupaten Sukabumi dengan penduduk yang heterogen dengan kemajuan yang terus berkembang ke depan dibutuhkan pemimpin yang mampu memberikan solusi kemajuan, bukan lagi menjadi kota dinasti dengan pemimpin dari kalangan-kalangan itu saja.” Tutupnya.

Oleh : Tantan Husnatani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com